Selasa, 11 November 2014

Computer Interface

Interface Pada komputer PC
Pengertian Interface
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Interface berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai atau menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Interface yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara :
Ø  Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem.
Ø  Output, memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna.
User interface dibagi menjadi 2 yaitu Text Interface dan Graphic User Interface,berikut penjelasannya:
1.      Text interface
Merupakan user interface berupa text ataupun perintah-perintah yang diketikan langsung oleh user untuk melakukan atau mengeksekusi sesuatu. Contoh dari text interface: Command Line Interface (Unix, Linux) dan juga Command Prompt (Windows).

Under DOS dan Microsoft Windows
DOS sistem panggilan menyediakan cara untuk menulis teks pada layar. Pengemudi bisa memproses urutan ANSI escape standar. Namun, programmer segera tahu bahwa menulis data secara langsung ke penyangga layar jauh lebih cepat dan sederhana untuk program dan rawan  kesalahan. Perubahan dalam metode pemrograman mengakibatkan banyak program DOS TUI. Program yang berjalan di bawah Windows (baik aplikasi asli dan DOS) memiliki kontrol jauh lebih sedikit dari layar dan keyboard dari Linux dan program DOS dapat memiliki, karena lapisan konsol win32 tersebut.

  •   Kursor mouse di Tracker Impulse . Sebuah kursor lebih tepat (per-pixel resolusi) dicapai oleh regenerasi mesin terbang dari karakter yang digunakan di mana kursor terlihat, pada setiap gerakan mouse secara real-time
.
Paling sering digunakan program-program latar belakang biru untuk layar utama, dengan karakter putih atau kuning. Kemudian, antarmuka menjadi sangat dipengaruhi oleh antarmuka pengguna grafis (GUI), menambahkan pull-down menu, tumpang tindih jendelakotak dialog dan widget GUI dioperasikan oleh mnemonik atau shortcut keyboard. Segera tikus masukan ditambahkan baik pada resolusi teks sebagai kotak berwarna sederhana atau di berkat resolusi grafis untuk kemampuanAdapter Graphics Ditingkatkan (EGA) dan Graphics Array Video (VGA) adapter display untuk mendefinisikan bentuk teks karakter oleh perangkat lunak menyediakan fungsi tambahan. Beberapa program penting semacam ini adalah Microsoft Word, DOS, Shell, Norton CommanderVisi Turbo berbasis Borland Turbo Pascal dan Turbo C (yang terakhir termasuk conio) Lotus 1-2-3 dll.

2.      Command Line Interface (CLI)

CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

3.      Graphical Interface
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Ada 5 tipe utama interaksi untuk interaction:
1)      Direct manipulation pengoperasian secara langsung: Interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games.
2)      Menu selection pilihan berbentuk menu: Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki.
3)      Form fill-in pengisian form: Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control.
4)      Command language perintah tertulis: Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system.
5)      Natural language perintah dengan bahasa alami: Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet.

Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fitur itu antara lain:
1.Head Up Display System
Head Up Display (HUD) merupakan tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.


2.Tangible User Interface
Tangible User Interface (TUI) adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.


3.Computer Vision
Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya video, pandangan dari beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.


4.Browsing Audio Data

Digunakan untuk browsing video/ audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video/ audio metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut: Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera IP.Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh program aplikasi.Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi compile ke layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video/ audio data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video/ audio data melalui Internet.

5.Speech Recognition

Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.


6.Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan. 
Di  dalam  sebuah  unit  komputer  terdapat  berbagai  terminal.  Teriminal  tersebut  dapat berupa terminal serial dan USB. Sebelum ditemukannyau USB maka port yang paling banyak digunakan adalah serial dan parale. Tetapi setelah penemuan USB penggunaan port jenis ini semakin berkurang, hal ini didukung oleh keuntungan yang ditawarkan melalui teknologi USB.



1.      Serial Port
Serial Port atau Terminal seri adalah port yang menggunakan teknik interfacing secara seri. Dalam teknik ini masing-masing bit data dikirim secara berurutan (serial), sehingga dalam satu detak (satuan waktu) hanya 1 bit data yang dikirim, lalu data berikutnya sampai semua data yang akan dikirim sudah terkirim.
Ada dua jenis komunikasi data melalui port serial yaitu:
o   Sinkron artinya Komunikasi sinkron adalah komunikasi data dimana clock dikirim bersamaan dengan data.
o   Asinkron artinya Pada asinkron, clock tidak dikirimkan bersamaan dengan data, tetapi dibangkitkan  pada masing-masing sisi pengirim dan penerima.
Berikut ini adalah gambar untuk komunikasi sinkron dan asinkron.
Serial Asinkron dan sinkron
Keuntungan
§  Tidak membutuhkan banyak jalur- Jarak pengiriman jauh
§  Banyak microcontroller menggunakan SCI (Serial Communication Interface) untuk berkomunikasi dengan “dunia luar”.


Kelemahan
§  Kecepatan pengiriman lebih lambat
§  Serial port lebih sulit ditangani, karena data di komputer diolah secara paralel sehingga data dari & ke serial port perlu dikonversi ke serial.
§  Dari Segi perangkat lunak: lebih banyak register yang digunakan atau terlibat.
Setiap karakter akan dikirim dengan diawali start bit dan diakhiri dengan stop bit sehingga dalam pengiriman satu karakter dibutuhkan 10 bit data. Pengiriman dilakukan dari bit yang paling rendah (Low Significant Bit) sampai ke bit yang paling tinggi (Most Significant Bit).
Pada transfer data secara serial dikenal 3 istilah berikut ini yaitu:

v Simplex artinya Pada transfer data simplex, transfer data hanya berlangsung satu arah. Contoh: Transfer data dari sensor.
v  Half Duplex artinya Pada transfer data half-duplex, transfer data bisa berlangsung dua arah tetapi tidak bisa bersamaan. Contoh: Transfer data dengan menggunakan HT.
v  Full Duplex artinya Pada transfer data ini, transfer data bisa berlangsung dua arah secara bersamaan. Contoh: Transfer data dengan menggunakan telepon.



2.      Pararel Port
Keuntungan
§  Pengiriman data Lebih cepat
§  Menggunakan sedikit jalur

Kelemahan
§  Hanya efektif untuk jarak pendek
§  Menggunakan banyak jalur






3.      USB Port
Dengan menggunakan USB, transfer data berlangsung jauh lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan port type lainya. Berikut ini adalah perbandingan performa antara USB dan bebepa jenis port.
Keuntungan USB PORT
§  Mudah digunakan karena dapat terkonfigurasi  secara  otomatis  oleh OS.
§  Dapat digunakan untuk banyak jenis peripheral.
§  Dapat dihubungkan dengan komputer dalam kondisi hidup. Sehingga tidak perlu mematikan komputer terlebih dahulu. (hot pluggable)
§  Kecepatan yang berlipat. Dapat mencapai 5 Gbps untuk USB dengan empat bus.
§  Murah, dan mengurangi pemakaian energi.
Kelemahan USB PORT
§  Tidak dapat digunakan dalam komunikasi peer to peer.
§  Hanya efektif untuk jarak yang pendek. Dibutuhkan hub untuk jarak yang lebih jauh.
§  Tidak dapat digunakan untuk komputer-komputer tua karena ketidaktersediaan port.

4.      ETHERNET
Ethernet merupakan jenis perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
Versi awal Xerox Ethernet dikeluarkan pada tahun 1975 dan di desain untuk menyambungkan 100 komputer melalui kabel sepanjang 1km.
Disain tersebut menjadi sedemikian sukses di masa itu sehingga Xerox, Intel dan Digital Equipment Corporation (DEC) mengeluarkan standar Ethernet 10Mbps yang banyak digunakan pada jaringan komputer saat ini. Selain itu, terdepat standar Ethernet dengan kecepatan 100Mbps yang dikenal sebagai Fast Ethernet.

5.      SCSI
SCSI (Small Computer System Interface)  adalah sebuah antarmuka bus berkinerja tinggi yang didefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2 (American National Standards Institute).
Perangkat yang umum menggunakan SCSI adalah hard disk,CD-ROM, scanner atau printer.
SCSI (Small Computer System Interface) awalnya bernama SASI (Shugart Associate System Interface). SCSI biasa digunakan pada komputer server karena kemampuanya yang cepat dan kemampuan multitasking yang baik. SCSI berputar lebih cepat dari pada

6.      PCI
PCI (Peripheral Component Interconnect) sebuah inter koneksi kecepatan tinggi yang dirancang oleh Intel. Kebanyakan komputer jaman sekarang telah dilengkapi dengan PCI. Slot PCI ini biasa digunakan untuk addon seperti modem, SCSI, sound card dan kartu VGA. Kecepatan PCI lebih kecil dibandingkan AGP, namun AGP hanya dikhususkan untuk kartu VGA saja.

Referensi :

http://giantika.ilearning.me/2014/02/19/interface-pada-komputer-pc-2/
http://muhamadjaelani35.blogspot.com/2013/04/pengertian-interface.html
http://abdulghanni.blogspot.com/2012/10/tentang-user-interface-penghubung.html
http://mochammad-ifnu.blogspot.com/2013/04/pengertian-interface.html
http://www.caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan.html

0 komentar:

Posting Komentar