Interface Pada komputer PC
Pengertian
Interface
Antarmuka
(Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan
sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Interface
berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem
pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem
secara menyeluruh sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap
suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai atau menjalankan
sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam membangun suatu
program jangan terlalu diperlihatkan.
Interface
yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara :
Ø Input,
memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem.
Ø Output,
memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna.
User interface dibagi menjadi 2 yaitu Text Interface dan
Graphic User Interface,berikut penjelasannya:
1. Text interface
Merupakan user interface berupa text ataupun
perintah-perintah yang diketikan langsung oleh user untuk melakukan atau
mengeksekusi sesuatu. Contoh dari text interface: Command Line Interface
(Unix, Linux) dan juga Command Prompt (Windows).
Under DOS dan Microsoft Windows
DOS sistem panggilan menyediakan
cara untuk menulis teks pada layar. Pengemudi bisa memproses urutan ANSI
escape standar. Namun, programmer segera tahu bahwa menulis data secara
langsung ke penyangga layar jauh lebih cepat dan sederhana untuk program dan
rawan kesalahan. Perubahan dalam
metode pemrograman mengakibatkan banyak program DOS TUI. Program yang berjalan
di bawah Windows (baik aplikasi asli dan DOS) memiliki kontrol jauh lebih
sedikit dari layar dan keyboard dari Linux dan program DOS dapat memiliki,
karena lapisan konsol win32 tersebut.
- Kursor mouse di Tracker Impulse . Sebuah kursor lebih tepat (per-pixel resolusi) dicapai oleh regenerasi mesin terbang dari karakter yang digunakan di mana kursor terlihat, pada setiap gerakan mouse secara real-time
Paling
sering digunakan program-program latar belakang biru untuk layar utama, dengan
karakter putih atau kuning. Kemudian, antarmuka menjadi sangat dipengaruhi
oleh antarmuka pengguna grafis (GUI), menambahkan pull-down menu, tumpang tindih jendela, kotak dialog dan widget GUI dioperasikan oleh mnemonik atau shortcut keyboard. Segera tikus masukan
ditambahkan baik pada resolusi teks sebagai kotak berwarna sederhana atau di
berkat resolusi grafis untuk kemampuanAdapter Graphics Ditingkatkan (EGA) dan Graphics Array Video (VGA) adapter display untuk mendefinisikan bentuk teks karakter oleh perangkat lunak menyediakan fungsi tambahan. Beberapa
program penting semacam ini adalah Microsoft Word, DOS, Shell,
Norton Commander, Visi Turbo berbasis Borland Turbo Pascal dan Turbo C (yang
terakhir termasuk conio) Lotus 1-2-3 dll.
2. Command Line Interface (CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
3. Graphical
Interface
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk
berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu,
dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen
utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Ada 5 tipe utama interaksi untuk interaction:
1) Direct manipulation pengoperasian secara langsung: Interaksi
langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke
trash. Contoh: Video games.
2) Menu selection pilihan berbentuk menu: Memilih perintah dari
daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang
dikehendaki.
3) Form fill-in pengisian form: Mengisi area-area pada form.
Contoh : Stock control.
4) Command language perintah tertulis: Menuliskan perintah yang
sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system.
5) Natural language perintah dengan bahasa alami: Menggunakan
bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet.
Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna
telematika. Fitur-fitur itu antara lain:
1.Head Up
Display System
2.Tangible User
Interface
3.Computer
Vision
Computer Vision (komputer visi)
merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan
pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk
membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra
(gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya video, pandangan dari beberapa kamera, data multi
dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.
Digunakan untuk browsing video/ audio data yang ditangkap oleh sebuah IP
kamera. Jaringan video/ audio metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai
berikut: Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan
kode identifikasi yang disimpan dalam kamera IP.Transmisi untuk mendaftarkan
kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh program
aplikasi.Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga
pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan
alamat server pribadi compile ke layanan server melalui alamat server pribadi sehingga
untuk mendapatkan video/ audio data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana
server layanan menangkap video/ audio data melalui Internet.
5.Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis
(automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech
recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah
suara menjadi tulisan dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara
istimewa digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali
lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah
masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
6.Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan
buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini
disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan
perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal
menjadi pembicaraan.
Di dalam
sebuah unit komputer
terdapat berbagai terminal.
Teriminal tersebut dapat berupa terminal serial dan USB. Sebelum
ditemukannyau USB maka port yang paling banyak digunakan adalah serial dan
parale. Tetapi setelah penemuan USB penggunaan port jenis ini semakin
berkurang, hal ini didukung oleh keuntungan yang ditawarkan melalui teknologi
USB.
1. Serial
Port
Serial
Port atau Terminal seri adalah port yang menggunakan teknik interfacing secara
seri. Dalam teknik ini masing-masing bit data dikirim secara berurutan
(serial), sehingga dalam satu detak (satuan waktu) hanya 1 bit data yang
dikirim, lalu data berikutnya sampai semua data yang akan dikirim sudah
terkirim.
Ada
dua jenis komunikasi data melalui port serial yaitu:
o
Sinkron artinya Komunikasi sinkron
adalah komunikasi data dimana clock dikirim bersamaan dengan data.
o
Asinkron artinya Pada asinkron, clock
tidak dikirimkan bersamaan dengan data, tetapi dibangkitkan pada masing-masing sisi pengirim dan
penerima.
Berikut
ini adalah gambar untuk komunikasi sinkron dan asinkron.
Serial
Asinkron dan sinkron
Keuntungan
§ Tidak
membutuhkan banyak jalur- Jarak pengiriman jauh
§ Banyak
microcontroller menggunakan SCI (Serial Communication Interface) untuk
berkomunikasi dengan “dunia luar”.
Kelemahan
§ Kecepatan
pengiriman lebih lambat
§ Serial
port lebih sulit ditangani, karena data di komputer diolah secara paralel
sehingga data dari & ke serial port perlu dikonversi ke serial.
§ Dari
Segi perangkat lunak: lebih banyak register yang digunakan atau terlibat.
Setiap
karakter akan dikirim dengan diawali start bit dan diakhiri dengan stop bit
sehingga dalam pengiriman satu karakter dibutuhkan 10 bit data. Pengiriman
dilakukan dari bit yang paling rendah (Low Significant Bit) sampai ke bit yang
paling tinggi (Most Significant Bit).
Pada
transfer data secara serial dikenal 3 istilah berikut ini yaitu:
v Simplex
artinya Pada transfer data simplex, transfer data hanya berlangsung satu arah.
Contoh: Transfer data dari sensor.
v Half
Duplex artinya Pada transfer data half-duplex, transfer data bisa berlangsung
dua arah tetapi tidak bisa bersamaan. Contoh: Transfer data dengan menggunakan
HT.
v Full
Duplex artinya Pada transfer data ini, transfer data bisa berlangsung dua arah
secara bersamaan. Contoh: Transfer data dengan menggunakan telepon.
2. Pararel
Port
Keuntungan
§ Pengiriman
data Lebih cepat
§ Menggunakan
sedikit jalur
Kelemahan
§ Hanya
efektif untuk jarak pendek
§ Menggunakan
banyak jalur
3. USB
Port
Dengan
menggunakan USB, transfer data berlangsung jauh lebih cepat dibandingkan dengan
penggunaan port type lainya. Berikut ini adalah perbandingan performa antara
USB dan bebepa jenis port.
Keuntungan
USB PORT
§ Mudah
digunakan karena dapat terkonfigurasi
secara otomatis oleh OS.
§ Dapat
digunakan untuk banyak jenis peripheral.
§ Dapat
dihubungkan dengan komputer dalam kondisi hidup. Sehingga tidak perlu mematikan
komputer terlebih dahulu. (hot pluggable)
§ Kecepatan
yang berlipat. Dapat mencapai 5 Gbps untuk USB dengan empat bus.
§ Murah,
dan mengurangi pemakaian energi.
Kelemahan
USB PORT
§ Tidak
dapat digunakan dalam komunikasi peer to peer.
§ Hanya
efektif untuk jarak yang pendek. Dibutuhkan hub untuk jarak yang lebih jauh.
4. ETHERNET
Ethernet
merupakan jenis perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer
yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto
Research Center (PARC) pada tahun 1972.
Versi
awal Xerox Ethernet dikeluarkan pada tahun 1975 dan di desain untuk
menyambungkan 100 komputer melalui kabel sepanjang 1km.
Disain
tersebut menjadi sedemikian sukses di masa itu sehingga Xerox, Intel dan
Digital Equipment Corporation (DEC) mengeluarkan standar Ethernet 10Mbps yang
banyak digunakan pada jaringan komputer saat ini. Selain itu, terdepat standar
Ethernet dengan kecepatan 100Mbps yang dikenal sebagai Fast Ethernet.
5. SCSI
SCSI
(Small Computer System Interface) adalah
sebuah antarmuka bus berkinerja tinggi yang didefinisikan oleh panitia ANSI
X3T9.2 (American National Standards Institute).
Perangkat
yang umum menggunakan SCSI adalah hard disk,CD-ROM, scanner atau printer.
SCSI
(Small Computer System Interface) awalnya bernama SASI (Shugart Associate
System Interface). SCSI biasa digunakan pada komputer server karena kemampuanya
yang cepat dan kemampuan multitasking yang baik. SCSI berputar lebih cepat dari
pada
6. PCI
PCI
(Peripheral Component Interconnect) sebuah inter koneksi kecepatan tinggi yang
dirancang oleh Intel. Kebanyakan komputer jaman sekarang telah dilengkapi
dengan PCI. Slot PCI ini biasa digunakan untuk addon seperti modem, SCSI, sound
card dan kartu VGA. Kecepatan PCI lebih kecil dibandingkan AGP, namun AGP hanya
dikhususkan untuk kartu VGA saja.
Referensi :
http://giantika.ilearning.me/2014/02/19/interface-pada-komputer-pc-2/
Referensi :
http://giantika.ilearning.me/2014/02/19/interface-pada-komputer-pc-2/
http://muhamadjaelani35.blogspot.com/2013/04/pengertian-interface.html
http://abdulghanni.blogspot.com/2012/10/tentang-user-interface-penghubung.html
http://mochammad-ifnu.blogspot.com/2013/04/pengertian-interface.html
http://www.caralengkap.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan.html
0 komentar:
Posting Komentar